FORCASTING (peramalan)

Forcasting adalah aktifitas fungsi bisnis yang memperkirakan penjualan dan penggunaan produk sehingga produk produk itu dapat di buat dalam kuantitas yang tepat.Forcasting(peramalan ) adalah dugaan terhadap permintaan yang akan datang berdasarkan pada beberapa variabel peramalan ,sering berdasarkan data deret waktu historis .peramalan menggunakan teknik teknik peramalan yang bersifat formal maupun informal (Gaspersz, 1998).

Tujuan forcasting adalah sasaran,goal,mission atau target.istilah tersebut biasanya diartikan sebagai sesuatu yang dapat dicapai dan diharapkan .Tujuan merupakan hasil akhir dari apa yang diinginkan untuk dicapai, sehingga tujuan akan memberikan arah kemana kegiatan harus dilakukan.

  • menurut Gaspersz (2002,p71) peramalan dapat diartikan sebagai seni dan ilmu untuk memperkirakan kejadian pada masa yang akan datang ,sedangkan aktivitas peramalan merupakan suatu fungsi bisnis yang berusaha memperkirakan penjualan dan penggunaan suatu produk sehingga produk tersebut dapat dibuat dalam kuantitas yang tepat .
  • Menurut Gross (1982,p2) peramalan bukanlah suatu dugaan ,karena dugaan hanya mengestimmasikan masa mendatang berdasarkan perkiraan saja , sedangkan peramalan menggunakan perhitungan matematis sebagai bahan pertimbangannya .
  • menurut Webster (1986,p3) peramalan adalah dugaan yang dibuat secara sederhana tentang apa yang akan terjadi di masa depan , berdasarkan informasi yang tersedia saat itu.
  • Menurut Supranto (1983),peramalan berasal dari kata ramalan yang pada dasarnya ramalan merupakan dugaan atau perkiraan mengenai terjadinya suatu peristiwa atau kejadian di waktu yang akan datang .
  • Menurut Arman Hakim Nasution (2006,p235),peramlan adalah proses memperkirakan berapa kebutuhan di masa datang yang meliputi kebutuhan dalam urusan kuantitas ,waktu dan lokasi yang dibutuhkan dalam rangka memenuhi permintaan barang atau jasa.

Comments

Popular posts from this blog

FARMAKOGNOSI